Failed to connect to MySQL: Access denied for user 'btklppm1_admin'@'localhost' (using password: YES) BTKLPP Medan

PENGAMBILAN DAN PEMERIKSAAN SPESIMEN AIR DANAU TOBA TERKAIT PENYAKIT BERPOTENSI KLB DI KABUPATEN SIMALUNGUN SUMATERA UTARA TAHUN 2017

Posted By admin | Wednesday 18th of April 2018 01:31:08 PM | Agenda

Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia dan juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia dan dikelilingi oleh 7 (tujuh) wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Simalungun, Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Simalungun, Samosir, dan Humbang Hasundutan. Mayoritas masyarakat di 7 kabupaten tersebut, menggunakan air Danau Toba sebagai sumber baku minuman. Pencemaran air Danau Toba akan menyebabkan timbulnya penyakit berpotensi KLB. Sebagaimana diketahui, pencemar-pencemar kimia bersifat akumulatif dalam tubuh. Dampaknya tidak langsung dirasakan, tapi membutuhkan periode waktu tertentu sehingga menimbulkan penyakit-penyakit seperti gangguan syaraf, pencernaan, ginjal, kulit dan lain-lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui parameter- parameter pencemar Danau Toba sebagai sumber penyakit serta melakukan analisis risiko kandungan parameter pencemar pada perairan Danau Toba di Kecamatan Parapat Kabupaten Simalungun, supaya dapat dirumuskan langkah-langkah pencegahan timbulnya penyakit berpotensi KLB. Metode penelitian adalah penelitian deskriptif tentang kualitas air danau Toba dan dilanjutkan dengan Analisis Risiko Kesehatan Lingkungan (ARKL) terhadap parameter-parameter pencemar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 sampel air Danau Toba yang berasal dari Keramba Jaring Apung, Permukiman Penduduk, Hotel, Tempat Wisata, dan Pelabuhan.

Dari 30 sampel yang dianalisa, keseluruhan (100%) sampel tidak memenuhi persyaratan, dimana terdapat 10 parameter yang melewati nilai baku mutu, yaitu besi, seng, krom valensi 6, khlor bebas, fluoride, pospat, sulfide, nitrat, TSS dan BOD. Dari analisis risiko yang dilakukan dengan metode ARKL meja terhadap parameter seng dan khlor bebas, keseluruhan responden masih berada pada kondisi yang aman dari paparan seng dan khlor bebas sepanjang hayatnya (besaran risiko, RQ < 1) namun sudah berisikoterkena dampak dari paparan Fluorida (besaran risiko, RQ > 1) dengan mengasumsikan tidak ada perubahan signifikan pada konsentrasi Selenium dan Fluorida dari air yang dikonsumsi dan data-data antropometri responden.

            Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun untuk memberikan informasi kondisi air Danau Toba kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam  menjaga kualitas perairan Danau Toba dan mempercepat dilakukannya zonasi budidaya ikan system Keramba Jaring Apung (KJA).

Komentar (0)

Komentar hanya diizinkan ke pengguna yang memiliki akun aktif pada web ini. Silahkan login atau mendaftar disini untuk meninggalkan komentar.