Failed to connect to MySQL: Access denied for user 'btklppm1_admin'@'localhost' (using password: YES) BTKLPP Medan

Analisis Resiko Kandungan Merkuri Pada Air Minum dari Sumur di Kecamatan Huta Bargot Kabupaten Mandailing Natal

Posted By admin | Sunday 1st of July 2018 07:14:39 PM | Pengumuman

Air tanah yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai sumber air minum dan untuk memasak umumnya mengandung logam-logam dengan kadar yang tinggi, yang bisa disebabkan dari alam maupun akibat pencemaran dari kegiatan manusia. Salah satunya adalah logam merkuri (Hg) yang merupakan salah satu cemaran dari kegiatan pertambangan emas. Jumlah merkuri yang masuk ke dalam tubuh melalui air pada dosis yang tinggi dapat membahayakan kesehatan, terutama sistem saraf dan ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis risiko kandungan merkuri pada air minum dari sumur di Kecamatan Huta Bargot Kabupaten Mandailing Natal. Metode penelitian adalah penelitian observasional dengan disain cross sectional. Sampel subyek dalam penelitian ini sebanyak 43 orang yang sehari-hari mengkonsumsi air sumur yang dimasak, sedangkan sampel obyek adalah sumur yang digunakan masyarakat dengan besar sampel sebanyak 15 sumur. Dari 15 air sumur yang dianalisa, terdapat 4 sumur (26.66%) yang mempunyai kadar merkuri melebihi nilai ambang batas, dan dari 43 orang responden, terdapat 13 orang responden (30.23%) yang mengkonsumsi air sumur dengan kadar merkuri melebihi nilai ambang batas. Dari analisis risiko yang dilakukan terhadap 43 orang responden, keseluruhan responden masih berada pada kondisi yang aman dari paparan merkuri sepanjang hayatnya (besaran risiko, RQ < 1) dengan mengasumsikan tidak ada perubahan signifikan pada konsentrasi merkuri dari air sumur yang dikonsumsi dan data-data antropometri responden.

Dari survey penyakit yang dilakukan, ditemukan 5 orang (11,6%) sudah merasakan gejala penyakit degeneratif yang disebabkan oleh paparan merkuri berupa gejala gangguan ginjal. Disarankan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Mandailing Natal untuk memberikan informasi kondisi air sumur kepada masyarakat, dan kepada masyarakat disarankan untuk mengganti konsumsi air sumur yang kandungan merkurinya tinggi dengan air dari sumber lain yang kandungan merkurinya rendah, atau melakukan pengolahan terlebih dahulu terhadap air sumur yang konsentrasi merkurinya tinggi.

Komentar (0)

Komentar hanya diizinkan ke pengguna yang memiliki akun aktif pada web ini. Silahkan login atau mendaftar disini untuk meninggalkan komentar.